Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Korset Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil

Korset Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil

Diposting pada 12 October 2018 oleh mastha medica

Perlukah Memakai Korset Saat Hamil? Kenali Dulu Manfaatnya

Kehamilan sering kali membuat tubuh mudah lelah dan dan tidak nyaman. Ini sebabnya, beberapa aksesoris dirancang untuk membuat ibu merasa nyaman selama kehamilan, salah satunya adalah korset. Meski lebih umum digunakan setelah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh, korset ibu hamil ini dinilai bisa membantu merenggangkan otot punggung yang nyeri. Namun perlukah pakai korset saat hamil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Korset adalah pakaian dalam yang berfungsi untuk membuat postur tubuh tampak lebih kencang. Korset untuk ibu hamil berbeda dengan korset biasa. Korset hamil bentuknya tentu tidak sama karena pada bagian perut umumnya korset hamil lebih elastis.

Korset hamil dianggap bisa membantu ibu hamil agar lebih nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari terutama bagi ibu hamil yang bekerja dengan banyak duduk atau berdiri. Korset hamil bisa menyangga perut sehingga ibu hamil tidak mudah lelah dan pegal.

Manfaat korset ibu hamil

Korset ibu hamil dirancang untuk menopang bagian bawah punggung dan perut selama kehamilan. Benda ini bersifat elastis dan fleksibel sehingga memberikan banyak manfaat bagi wanita hamil yang cenderung aktif, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari korset ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi rasa sakit saat hamil

Postur tubuh wanita hamil cenderung mengalami perubahan daripada saat sebelum hamil, seperti menjadi lebih sulit duduk atau berjalan. Aktivitas-aktivitas ini menyebabkan adanya tekanan berlebih pada bagian perut dan memicu nyeri punggung di bagian bawah.

Bila Anda mengalami hal yang sama, ini bisa diatasi dengan menggunakan korset ibu hamil. Menurut sebuah penelitian dari Spine Journal yang dilansir dari healthline, wanita yang menggunakan korset saat hamil mengalami penurunan rasa sakit secara keseluruhan, terutama sakit sendi sacroiliac (SI) dan round ligament pain.

2. Membuat ibu hamil lebih nyaman

Menggunakan korset saat hamil pada prinsipnya sama seperti saat Anda berolahraga dengan memakai sport bra. Keduanya sama-sama berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang cenderung tidak nyaman saat Anda beraktivitas. Tekanan dari korset ibu hamil tidak selalu berdampak buruk.

Pasalnya, tekanan korset dapat membantu menopang rahim. Beban perut yang harus ditopang oleh tubuh cenderung lebih ringan sehingga Anda menjadi lebih nyaman untuk bergerak.

Namun ingat, terlalu banyak tekanan di daerah perut juga bisa mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan efek negatif pada tekanan darah dan janin. Jadi, hindari penggunaan korset yang terlalu menekan daerah perut.

3. Memperbaiki postur tubuh

Prinsip utama korset pada dasarnya adalah untuk memperbaiki postur tubuh. Menggunakan korset ibu hamil dapat memperbaiki postur tubuh, karena korset mampu mencegah terkanan berlebih pada punggung bagian bawah.

Terlebih, trimester ketiga adalah saat-saat ketika tubuh melepaskan berbagai hormon yang melemaskan otot, ligamen, dan sendi di daerah panggul. Nah, kondisi ini hal dapat ditopang dengan penggunaan korset kehamilan

Namun pemakaian korset hamil sebaiknya Anda konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Anda karena pada dasarnya kondisi tiap ibu hamil berbeda. Jika kondisi kehailan sehat dan Anda memang membutuhkan korset hamil maka tidak masalah jika Anda menggunakannya. Namun jika penggunnaan korset hamil justru membuat Anda merasa tidak nyaman, sebaiknya Anda tidak perlu memakai korset hamil.

Risiko pakai korset saat hamil

Dibalik segudang manfaat dari korset kehamilan, benda yang satu ini juga memiliki risiko yang tidak bisa disepelekan. Keseringan pakai korset saat hamil dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya.

Alih-alih merenggangkan otot punggung, keseringan pakai korset saat hamil justru bisa melemahkan otot punggung dan menimbulkan sakit berkepanjangan. Selain itu, terlalu sering pakai korset ibu hamil juga dapat membahayakan janin bila ikatannya terlalu erat dan terlalu lama dipakai. Ini karena tekanan darah di sekitar perut bisa menurun dan menyebabkan gangguan pencernaan. Secara tidak langsung, kondisi ini turut membahayakan janin dalam kandungan.

Kebiasaan pakai korset saat hamil juga dapat mempersulit proses melahirkan, karena beban tubuh telah terbiasa ditopang oleh korset kehamilan. Karena itu, wanita hamil akan sulit untuk memberikan tekanan di perut saat hendak melahirkan.

Jadi, seberapa penting pakai korset saat hamil?

Segala perlengkapan kehamilan memang memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Jadi, perlu atau tidaknya pakai korset saat hamil tergantung pada tujuan Anda menggunakannya, apakah untuk mengurangi nyeri kehamilan atau hanya sekedar ikut-ikutan tren yang sedang berkembang.

Hal yang terpenting adalah Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan korset ibu hamil sesering mungkin. Gunakan korset ini hanya dua sampai tiga jam per hari agar otot-otot punggung tidak terlalu lemah dan menyulitkan proses melahirkan.

Agar penggunaan korset ibu hamil lebih aman, gunakan korset sesuai dengan instruksi yang diberikan. Tanyakan pada dokter Anda untuk mengetahui cara penggunaan korset yang aman tanpa menghambat perkembangan normal bayi Anda.

Ketimbang bergantung pada korset kehamilan, lebih baik luangkan waktu Anda untuk rutin berolahraga guna memperkuat otot punggung. Tubuh Anda menjadi lebih bugar dan jauh dari risiko nyeri punggung akibat pemakaian korset saat hamil.

 

Terimakasih 🙂

Bagikan informasi tentang Korset Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil kepada teman atau kerabat Anda.

Korset Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Korset Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 13%
Rp 315.000 Rp 360.000
Ready Stock
SIDEBAR
})