Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Taukah Kamu Jenis – jenis dari Skoliosis ?

Taukah Kamu Jenis – jenis dari Skoliosis ?

Diposting pada 13 February 2020 oleh mastha medica

Apa itu skoliosis?

Skoliosis adalah suatu kondisi di mana tulang belakang melengkung ke arah samping. Tulang punggung yang normal seharusnya melengkung di bagian atas bahu dan di bagian bawah punggung. Namun, jika tulang belakang Anda melengkung ke samping, atau membentuk huruf “S” atau “C”, Anda mungkin menderita skoliosis.

Semakin besar sudut lengkungan, risiko yang cukup serius semakin meningkat. Penyebab kondisi ini umumnya tidak diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diyakini memiliki kaitan dengan faktor genetik serta kelainan otot dan saraf.

Kebanyakan kasus kondisi ini bersifat ringan. Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, lengkungan tulang punggung berpotensi memburuk. Tulang punggung dengan lengkungan yang cukup parah dapat memengaruhi kinerja paru-paru, sehingga pernapasan pun dapat terganggu.

Anak-anak dengan skoliosis ringan biasanya harus menjalani kontrol rutin dengan X-ray (rontgen) untuk melihat apakah lengkungan tulang punggung semakin memburuk. Beberapa anak mungkin harus mengenakan alat bantu yang mencegah pertambahan lengkungan. Dalam kasus lain, penderita mungkin harus menjalani prosedur operasi.

Apa saja jenis-jenis dari skoliosis?

Skoliosis dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasan mengenai masing-masing jenisnya:

1. Skoliosis kongenital

Jenis ini terjadi pada bayi yang baru lahir dan diakibatkan karena tulang belakang belum terbentuk dengan sempurna saat bayi masih di dalam kandungan. Kondisi ini termasuk jarang terjadi.

2. Skoliosis idiopatik

Jenis ini umumnya terjadi pada masa pertumbuhan anak-anak. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada anak berusia 10-18 tahun. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui.

3. Skoliosis degeneratif

Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada orang dewasa yang pernah mengidap skoliosis sebelumnya. Tulang belakang penderita akan mengalami aus seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang pun bengkok.

4. Skoliosis neuromuskular

Jenis neuromuskular disebabkan oleh kelainan pada sistem saraf atau otot. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan penyakit cerebral palsy dan spina bifida.

5. Kifosis Scheuermann

Jenis ini terjadi ketika bagian depan tulang belakang tumbuh lebih lambat dibanding dengan bagian belakang. Hal ini menyebabkan tulang belakang bagian depan menjadi lebih kecil, sehingga tulang belakang pu melengkung.

6. Skoliosis sindromik

Kondisi ini umumnya dikaitkan dengan beberapa sindrom kesehatan, seperti sindrom Marfan dan trisomy 21.

 

jualkorset.com menjual berbagai jenis korset/brace sesuai kebutuhan masing-masing.

Cara pemesanan, klik link disini 

 

Bagikan informasi tentang Taukah Kamu Jenis – jenis dari Skoliosis ? kepada teman atau kerabat Anda.

Taukah Kamu Jenis – jenis dari Skoliosis ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Taukah Kamu Jenis – jenis dari Skoliosis ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 21%
Rp 245.000 Rp 310.000
Ready Stock
SIDEBAR
})