Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Diposting pada 10 October 2019 oleh mastha medica

Masih banyak diperdebatkan mengenai perlu tidaknya mengenakan korset perut setelah melahirkan. Keadaan perut yang membuncit setelah melahirkan memang wajar terjadi. Hal ini disebabkan bagian otot perut yang mengendur setelah menahan bayi yang ada di dalam kandungan. Tapi, apakah menggunakan korset perut terbilang aman dan efektif? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu korset?

Korset atau abdominal binder, awalnya digunakan untuk orang yang menderita nyeri punggung guna meningkatkan posisi agar perut dalam posisi tertahan dan membantu penderita sakit punggung dalam kasus tertentu.

Jay Goldberg, MD, seorang ginekolog di Beverly Hills, California setuju menyatakan kalau korset perut setelah melahirkan berguna untuk mengikat bentuk perut dalam waktu yang lama. Selain untuk masalah perut dan punggung, korset juga berguna untuk memperbaiki postur perut akibat operasi (biasanya operasi caesar) dan untuk menunjang kepercayaan diri seseorang.

Golberg juga mengatakan kepada pasiennya, dengan menggunakan korset perut setelah melahirkan tidak akan serta merta langsung mengembalikan bentuk perut dalam waktu sekejap. Biasanya, Anda membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu pemakaian korset maksimal, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Pro dan kontra menggunakan korset

Manfaat pakai korset

Pemakaian korset perut setelah melahirkan juga dapat membantu dalam proses pemulihan setelah operasi caesar khususnya. Dengan memakai korset, Anda dapat mendukung bagian otot utama yang bisa mengurangi rasa sakit tubuh. Selain itu, korset mampu memberikan topangan 360 derajat di sekitar area perut dan pinggang Anda dengan membantu memperbaiki postur tubuh sambil mengembalikan bentuk ligamen perut yang longgar.

Efek samping pakai korset

Penggunaan korset yang terlalu kencang dapat mengganggu sirkulasi darah, sesak napas, dan bisa menyebabkan susah BAB, khususnya bagi wanita yang baru saja melahirkan. Tidak hanya itu saja, pemakaian korset yang terlalu kencang akan mengakibatkan kandung kemih menjadi turun, yang akan menyebabkan wanita jadi sering buang air kecil.

Jadi, perlukah pakai korset perut setelah melahirkan?

Jawabannya, boleh saja. Selama pakai korset tidak dalam penggunaan yang berlebihan. Contohnya, memakai korset terlalu kencang atau erat ataupun seharian, dikhawatirkan akan menyebabkan dinding perut tertekan ke dalam. Saat menggunakannya, Anda hanya perlu melilitkan korset di bagian bawah perut, jangan terlalu ke atas.

Selain itu, menggunakan korset perut setelah melahirkan bukan satu-satunya cara untuk membuat perut Anda rata seperti semula. Cara yang paling baik dan efektif guna mengatasi masalah ini yaitu dengan berolahraga secara teratur di waktu hamil serta setelah melahirkan. Jangan lupakan juga makan makanan bergizi  untuk menjaga berat badan dan postur tubuh Anda agar tetap ideal.

Bagikan informasi tentang Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan? kepada teman atau kerabat Anda.

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})