Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Pakai Stagen Usai Melahirkan ? Bolehkah !

Pakai Stagen Usai Melahirkan ? Bolehkah !

Diposting pada 10 December 2019 oleh mastha medica

Kehamilan selama 9 bulan membuat kulit perut menjadi melar sehingga usai melahirkan perut biasanya menjadi bergelambir. Untuk menyiasatinya para ibu kerap menggunakan stagen atau gurita supaya dapat mengecilkan perut seperti semula.

Stagen atau korset adalah sebuah alat tradisional yang digunakan untuk menopang perut atau untuk mengecilkan perut wanita.

Benarkah stagen atau gurita efektif mengecilkan perut?

Pada dasarnya para ahli medis tidak menganjurkan pasien yang telah melakukan proses bersalin untuk menggunakan stagen. Nyatanya, stagen bersifat pasif sehingga tidak memberikan efek positif dalam mengencangkan atau mengecilkan perut. Saat menggunakan stagen perut memang terasa kencang, tapi nyatanya perut akan kembali kendur saat stagen dilepas.

Selain stagen, setelah melahirkan ibu juga sering menggunakan gurita. Ketimbang stagen, gurita lebih disarankan karena penggunaannya tidak terlalu kencang. Bagi ibu yang melakukan persalinan dengan proses operasi dan jahitan operasi berada di tengah perut maka lebih disarankan untuk memakai gurita ketimbang stagen.

Pemakaian gurita paling tidak satu minggu setelah proses melahirkan. Hal ini bertujuan agar jahitan bekas operasi bisa lebih mengering. Jahitan yang masih basah atau baru akan bertambah parah jika dipakaikan gurita apalagi stagen. Bahkan jahitan berisiko kembali terbuka atau bernanah.

Proses kehamilan membuat otot-otot tubuh menjadi kendur, terutama pada dasar panggul dan otot dinding perut. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan senam atau olahraga yang dapat mengencangkan kembali otot dinding perut, misalnya jogging dan sit up. Namun, jangan mengangkat beban yang berat.

Pengencangan otot panggul bisa Anda lakukan latihan senam kegel. Senam kegel berfungsi untuk menguatkan otot-otot dasar panggul dan saluran kemih yang mampu mencegah Anda mengompol ketika proses persalinan berlangsung.

Selain itu, ada juga senam nifas yang dilakukan seusai melahirkan. Latihan ini dilakukan dengan menitikberatkan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini lebih bermanfaat untuk mengembalikan kekecangan perut usai melahirkan, dengan cara yang tidak menyiksa dan juga jauh lebih sehat.

Manfaat dan Efek Samping Pakai Stagen

Pemakaian stagen setelah melahirkan bisa membantu proses pemulihan setelah operasi caesar. Stagen dapat mendukung bagian otot utama yang bisa mengurangi rasa sakit. Stagen juga mampu memberikan topangan area perut dan pinggang untuk memperbaiki postur tubuh setelah melahirkan.

Penggunaan stagen terlalu kencang bisa mengganggu peredaran darah, sesak napas, dan menyebabkan buang air besar (BAB). Menggunakan stagen terlalu kencang juga akan mengakibatkan kandung kemih turun, yang juga menyebabkan sering buang air kecil.

Cara Memakai Stagen

Menggunakan stagen bermanfaat mengembalikan kondisi perut setelah melahirkan selama sembilan bulan. Stagen juga bermanfaat untuk menjaga penampilan dan menjaga perut tidak buncit.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan stagen:

  • Menjaga kebersihan stagen, apalagi pada wanita setelah mengandung dan melahirkan. Stagen yang tidak dibersihkan atau dalam keadaan kotor bisa menyebabkan luka yang sukar cepap kering.
  • Jangan memakai stagen terlalu kencang, karena menggunakan stagen terlalu kencang bisa mengganggu beberapa organ seperti ginjal, hati, dan empedu.
  • Jangan terlalu sering menggunakan stagen, karena lambat laun, mengurangi efek memakai stagen. Memakai stagen dari selama 24 jam bisa menyebabkan perut pegal. Cobala menggunakan stagen secara rutin seperti pada saat Anda istirahat.
  • Jika perut sudah kembali dalam keadaan semula, hentikan pemakaian stagen. Penggunaan stagen dalam waktu yang terlalu lama dapat merusak organ tubuh lainnya pada tubuh Anda, Teman Sehat!

Bagikan informasi tentang Pakai Stagen Usai Melahirkan ? Bolehkah ! kepada teman atau kerabat Anda.

Pakai Stagen Usai Melahirkan ? Bolehkah ! | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Pakai Stagen Usai Melahirkan ? Bolehkah !

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF -697%
Rp 2.950.000 Rp 370.000
Ready Stock
OFF 15%
Rp 315.000 Rp 370.000
Ready Stock
SIDEBAR
})