Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa Itu Syndrom De Quervain ?

Apa Itu Syndrom De Quervain ?

Diposting pada 6 December 2018 oleh mastha medica

 

Sindrom De Quervain (juga disebut washer woman’s sprain) adalah pembengkakan dan peradangan pada tendon dan penutup tendon yang menggerakkan ibu jari ke arah luar. syndrom ini ditandai dengan rasa nyeri pada pergelangan tangan, pada saat memutar pergelangan tangan, menggenggam, gerakan mencubit, atau mengepalkan tangan. Penyebabnya belum diketahui sepenuhnya, namun berhubungan dengan aktivitas yang berulang yang menggunakan tangan, misalnya menggendong bayi, menumbuk makanan, pekerjaan taman, menulis, menggunakan smartphone, dan golf. Diduga perilaku berulang ini membuat iritasi lapisan di antara dua tendon pada pergelangan tangan sehingga terjadi pembengkakan yang membuat rasa nyeri dan gangguan dalam bergerak.

Penyebab 

Awalnya pada tahun 1980, ketika mesin cuci belum sebanyak ini, para wanita mencuci pakaian dengan cara manual. Kebiasaan mencuci manual dan membutuhkan tenaga otot untuk meremas pakaian. Penggunaan tenaga otot yang berlebihan disekitar pergelangan tangan menyebabkan muncul reaksi peradangan pada tendon-tendon. Gangguan ini disebut washer woman’s sprain pada masa itu.

Sekarang dengan adanya mesin cuci, menolong para ibu dan wanita pada umumnya sehingga kecenderungan mengalami hal ini tidak terjadi lagi pada saat mencuci pakaian.

Namun kebiasaan seperti banyak menulis, mengetik di handpone, laptop dan komputer, pekerjaan pengrajin dan pekerjaan lain, yang dapat memicu gesekan tendon-tendon dan penutup tendon otot pergelangan tangan( extensor pollicis brevis) dan otot abductor pollicis longus dengan prosesus styloideus radii, sehingga muncul reaksi peradangan pada tenosynivium (selubung pelindung pada tendon) yang akhirnya menjadi tendonitis (peradangan pada tendon yang biasa terjadi pada pergelangan tangan, siku, kaki, lutut, ujung jari).

Selain kebiasaan diatas, styloideus radii yang terlalu runcing, dan hypermobile wrist di duga menjadi penyebab lainnnya.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa gangguan tersebut, seorang dokter melakukan tes finkelstein. Orang tersebut menekuk ibu jari yang terkena ke dalam telapak tangan dan mengepal jari-jari tersebut di atas ibu jari. Dengan telapak tangan menghadap ke atas, dokter memutar telapak tangan ke tubuh. Jika gerakan ini menyebabkan rasa sakit, tes tersebut adalah positif untuk sindrom de quervain.

Pengobatan De Quervain Syndrome

Jika De Quervain’s Syndrom ditangani pada awal gejala, bisa pulih dalam waktu empat hingga enam minggu. Pada sindrom De Quervain yang berhubungan dengan kehamilan, biasanya baru akan mereda ketika sudah melahirkan. Sindroma De Quervain diobati dengan obat-obatan dan terapi. Obat-obatan yang digunakan diantaranya adalah ibuprofen, naproxen atau antinyeri lainnya. Juga bisa digunakan obat antiradang. Jika diperlukan, bisa dilakukan suntikan kortikosteroid pada tendon. Pada sindroma De Quervain yang gejalanya berlangsung kurang dari enam bulan, biasanya gejala bisa mereda bahkan pada suntikan pertama. Pada keadaan yang lebih serius mungkin memerlukan operasi, tetapi sangat jarang.

Selain obat-obatan, biasanya juga dilakukan imobilisasi ibu jari dan pergelangan tangan, mengurangi pergerakan tangan yang menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan, dan kompres es. Langkah tepat yang bisa dilakukan tentunya dengan pergi ke dokter istri Anda dan menceritakan keluhan saat ini. Dokter istri Anda akan memberikan penanganan yang sesuai.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Produk Terkait :

Jual Deker Jempol & Pergelangan Tangan WRIST SUPPORT OPPO 1089

Jual Deker Pergelangan Tangan Wrist OH – 304 Dr.Ortho

Jual Deker Pergelangan Tangan dan Telapak Tangan Oppo 1082

Jual Deker Pergelangan Tangan dan Jempol Oppo 1084

Bagikan informasi tentang Apa Itu Syndrom De Quervain ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Syndrom De Quervain ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa Itu Syndrom De Quervain ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})