Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : korset, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Kegunaan cervical collar

Kegunaan cervical collar

Diposting pada 26 December 2018 oleh mastha medica

Collar neck dan cedera Collar neck atau cervical collar atau neck brace adalah alat medis ortopedik (ilmu bedah tulang) untuk menyangga kepala dan leher pasien. Alat ini digunakan agar bagian leher dan kepala untuk membatasi gerakannya agar tidak memperburuk keadaan kesehatan kepala dan leher yang ada.

Yang paling sering kita lihat, bahwa collar neck sering digunakan untuk pasien cedera leher dan kepala. Pada pasien dengan cedera leher dan kepala ini, ada kemungkinan terjadi fraktur atau patah tulang belakang bagian leher. Patah tulang leher ini adalah kondisi yang sangat serius karena dapat mencederai lebih lanjut pada sumsum tulang belakang (korda spinalis) yang berisi serabut saraf. Serabut saraf tulang leher ini yang mengatur gerakan anggota badan sampai otot-otot pernapasan.

Maka dari itu jika terjadi cedera saraf, kemungkinannya dapat lumpuh seluruh tangan dan kaki sampai berisiko terjadi kematian. Maka dari itu pasien perlu ditopang lehernya agar tetap dalam posisi teramannya sampai dapat dikonfirmasi apakah benar ada patah tulang dengan pemeriksaan sinar-x atau roentgen. Pada kasus ini, digunakan collar neck yang kaku. Nyeri leher Selain itu collar neck juga digunakan dalam kedokteran rehabilitasi atau fisioterapi untuk mengatasi masalah pelurusan tulang belakang dan mengatasi nyeri. Biasanya pasien tetap akan terus memakai collar neck sampai masalahnya teratasi. Menurut Muzin et al dalam Jurnal Curr Rev Musculoskelet Med 2008, nyeri leher adalah salah satu masalah utama di Amerika Serikat. 50-70% penduduk pasti pernah merasakannnya. Penyebabnya masih sering tak diketahui, walaupun sering kali masalah posisi badan dalam berkendara menjadi kemungkinan penyebabnya. Pada masalah ini, jika keadaannya ringan maka dapat diberikan collar neck yang lembut. Olahraga Dalam olahraga, collar neck digunakan juga pada olahraga yang memiliki risiko tinggi cedera leher dan kepala atau cedera lecut (whiplash injury), misalnya pada motocross, balap speed-boat, dan balap go-kart. Jadi, ternyata collar neck banyak manfaatnya bukan? Semoga menambah wawasan Sobat ya. Salam sehat!

Semoga bermanfaat 🙂 RK

Jual Soft Cervical Collar OH- 002 Dr. Ortho

Jual Rigid Adjustable Cervical Collar Oh-001 Dr. Ortho

Jual Rigid Cervical Collar Dr. Ortho OH-003

Bagikan informasi tentang Kegunaan cervical collar kepada teman atau kerabat Anda.

Kegunaan cervical collar | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Kegunaan cervical collar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})